Jangan Sedih Bu, Ini Penyebab dan Alasan Kenapa Bayi Gak harus Menyusui lewat Puting.

09:45:00
Bara umur 1 bulan menyusui menggunakan dot

Bayi anda baru lahir atau anda akhirnya menjadi seorang ibu? Pasti menyenangkan bukan? Anda akan mendapati berbagai kejutan kejutan yang tidak terduga dari bayi anda. Dan yang paling anda harapkan adalah sensasi bayi anda menyusu ke puting anda. Benar? 

Tapi, karena beberapa alasan, bayi anda gak mau menyusui lewat puting anda, lalu bagaimana dong? Apakah anda ibu yang gagal?

Tenang saja ya bu, jangan karena hal ini ibu jadi galau, sedih dan yang akhirnya berdampak pada produksi ASI ibu. Jangan sampai kegalauan ibu ini membuat sang bayi lapar. Nah, disini saya akan menjelaskan apa sih alasan sang bayi ini biasanya gak mau menyusui lewat puting dan bagaimana caranya biar bisa kembali menyusu normal ke puting ibu. 

Penyebab & Penanganan
1. Tidak langsung diperkenalkan ke puting ibu

Untuk yang melahirkan sesar nih biasanya, sang bayi pasti mau gak mau minum susunya pakai dot duluan, karena sang ibu belum bisa menggendong bayi. 

Tidak apa apa, karena biasanya perawat juga akan mengajarkan bayi anda untuk tetap menyusui ke anda. Dokter dan perawat juga akan memberikan arahan bagaimana posisi yang bagus untuk menyusui dan agar nyaman untuk ibu dan bayinya. Semuanya dalam proses belajar, jadi ibu harus selalu semangat dan tak pantang menyerah. 

2. Saat Diajarkan ada pemaksaan

Saat diajarkan untuk menyusui, biarkan sang bayi  mengeksplor dada anda. Jangan sampai ada pemaksaan untuk sang bayi menyusu ke ibu, seperti menekan kepala bayi ke dada anda, karena akhirnya akan trauma. Dan bayi gak akan mau lagi menyusui lewat puting ibu.

3.  Masih menggunakan dot

Yang paling sering sih karena bingung puting yang diderita sang bayi. Karena itu, pastikan jangan menggunakan dot botol. Jikalau memang sangat ingin bayi anda menyusui ke anda gunakan alat bantu lain selain dot ya bu, seperti pipet atau sendok. Hal ini dilakukan agar si bayi tidak bingung puting. Dan tenang aja, karena bayi ada sifat natural untuk menghisap maka lama-kelamaan bayi anda akan kembali ke puting anda.

4. Ibu menggunakan produk sabun/wewangian yang berbeda dari biasanya

Bayi sangat sensitif terhadap bau-bauan loh bu. Jadi jikalau anda menggunakan detergen atau parfum yang berbeda, biasanya bayi akan asing dengan ibunya. Dan doi gak akan mau nyusu ke puting ibu. Maka dari itu, jika hal ini terjadi, disarankan untuk kembali ke produk wewangian yang lama. Atau perkenalkan wewangian baru ke bayi anda.

Tapi bagaimana jika semua hal sudah dilakukan, sang bayi tetap tidak mau menyusui?

Jangan sedih, karena penggunaan dot juga tidak haram. Sama halnya seperti susu formula. Susu Formula bukan racun, jadi kalau memang ASInya gak keluar atau dikit, ya pakai formula saja. Yang terpenting adalah bayi anda sehat kan? 

Kalau memang bayi tidak mau menyusui, gunakan saja dot, dan untuk susu baiknya menggunakan ASI jika ASinya berlimpah. Jadi ASInya diperah dulu baru dimasukkan ke dalam botol. Hal ini guna agar bayi juga tetap terjaga asupan nutrisinya. Yang terpenting botol yang digunakan tetap steril ya bu.

Saya pribadi juga tidak pernah merasakan bayi saya menyusui lewat puting saya. Saya juga sudah menetapkan agar anak saya menggunakan dot botol saja. Berikut adalah alasan kenapa saya rela anak saya pake dot dibanding nyusu langsung:

1. Waktu lahir, pihak rumah sakit tidak ada yang mengajari.  

Saya di rumah sakit sendiri, hanya ditemani suami jadi keliatan banget newbienya. Dan saya sebagai ibu baru juga tidak mengetahui bagaimana posisi yang benar untuk menyusui, perawat dan dokterpun acuh. Mereka hanya bilang “tetap tempelin aja putingnya ke dede bayi”. Alhasil dede bayi dari lahir sudah memakai dot.

2. Trauma duluan
Setelah konsultasi dengan keluarga, mereka semua langsung menjudge “salah sih kenapa awalnya dikasih dot…bla…bla…bla” pokoknya keluar kalimat kalimat yang gak enak di hati. Dan dede bayi dipaksa buat nyusu dengan cara kepalanya ditekankan  ke dada saya agar si puting ini masuk semua ke mulut dede bayi. 
Alhasil? Sampai sekarang kalau liat puting saya, dia langsung nangis. 

3. Repot
Repot gak sih, pas diajarin, ya dedenya nangis, ya air susunya keluar terus. Basah dimana-mana. Ahh pokoknya repot.

4. Gak Tega
Karena dede termasuk bayi berat lahir rendah (BBLR), gak tega aja kalau dia disuruh nyusu di puting tapi gamau, terus akhirnya ga minum susu. Dikasih pake pipet atau sendok jatuhnya malah dikit yang diminum, gak rampus kaya pake botol. Maka dari itu, pake dot aja biar beratnya tetep nambah.

5. Bakal ditinggal Kerja
Mau bisa menyusui lewat puting atau tidak, anak saya pasti pakai botol untuk menyusu, karena bakal ditinggal kerja. Terus kalau udah bisa nyusu lewat puting, ntar pas saya kerja, doi bingung puting lagi. Terus harus diajarin lagi deh. Jadi ya udah mending dari awal pake botol aja. Haha

Alhamdulillahnya suami saya gak pernah ngejudge saya ibu yang gagal, karena ga nyusuin anaknya langsung. Bahkan, suami saya jadi bisa nyusuin dede juga, bukan saya doang yang nyusuin dede. Hehe. Jadinya ada kerja sama juga dalam menyusui dede. 

Nah, jadi kalian untuk para ibu yang dede bayinya gak mau nyusu langsung, jangan bersedih hati ya. Pasti ada sisi positif dibalik ini semua. Biarkan orang lain mengoceh, karena mereka tidak tahu apa-apa tentang anda dan bayi anda. Yang penting anda bahagia, dede bayi sehat, dan keluarga kecil anda sehat dan bahagia. Tetapi untuk ibu ibu yang pengen banget bayinya menyusui langsung, saya sarankan tetap konsisten dengan penanganan diatas ya bu. Tetap sabar dan semangat karena kalian pasti bisa. Fighting!

Fitri Kairi

No comments:

Powered by Blogger.