Biaya Kontrol Kehamilan 3D & 4D di Kopo Bandung

Sumber Foto: pexels.com


Kehamilan pasti menjadi salah satu fase yang diidamkan para calon ibu. Sebelum berbunga-bunga menjalani kehamilan itu sendiri, ada baiknya kita mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk kontrol kehamian sampai melahirkan nanti. Pemilihan rumah sakit, klinik atau bidan untuk kontrol dan persalinan pun harus benar-benar dipikirkan. Jika tidak, bisa seperti apa yang saya lalui. Gonta-ganti dokter dan bidan. Dan juga gonta ganti Rumah Sakit. Dari gonta ganti dokter dan rumah sakit ini lah, saya bisa berbagi informasi tentang biaya-biaya yang mungkin para bumil penasaran. Berapa sih biaya kontrol kehamilan? Terus ada ga sih USG 4D di daerah Kopo. Nah karena saya orang Kab. Bandung selatan, daerah kopo-soreang, maka iniah informasi Biaya kontrol kehamilan 3D dan 4D di Kopo.

Disini, saya akan memberikan rincian biaya kontrol kehamilan di RS. Santosa Kopo dan RS. Lanud Sulaiman. Karena di dua rumah sakit iniah saya diperiksa dan juga kedua rumah sakit ini menyediakan jasa USG 4D. Jadi buat kalian, orang kopo soreang yang ingin USG 4D, ingin lihat muka dede di perutnya, ga usah jauh jauh ke cimohay. Toh di kedua rumah sakit ini juga ada. Sebelum masuk ke biaya rumah sakit, buat kalian yang punya BPJS, kedua rumah sakit ini juga menerima dengan senang hati. Jadi rincian biaya yang akan saya share mungin tidak diperlukan. Tapi ini buat jaga jaga jikalau ada peraturan BPJS terbaru yang mengharusan kita memakai uang sendiri.

Jadwal Dokter dan Biaya Kontrol Kehamilan di RS. Santosa Kopo

Jadwal Dokter 

Awal hamil, cek bener hamil atau tidaknya di klinik Jaya Media, di warung lobak sama Bidan. Disana juga menyediakan jasa USG 3D. Bayarnya cuman 110.000 plus vitamin yang cuman beberapa biji. Karena ada Asuransi dari kantor yaitu Jasindo yang bekerja sama dengan beberapa rumah sakit dan sayang juga kalau gak dipakai, akhirnya nyobalah cek di Rumah Sakit Santosa Kopo. Di rumah sakit ini banyak dokter yang bertugas dari senin-sabtu. Tapi yang paling banyak peminatnya di hari sabtu yaitu Dr. Cresni Febri Wijayanto dan Dr. Yanne Trihapsary. Dua Dokter ini dokter cewe dan jadwalnya juga sama, yaitu senin-sabtu dari jam 08.00 s/d 12.00. Saya pernah diperiksa oleh dua dokter tersebut. Buat kalian yang ingin penjelasan lebih detail saat kontrol dan punya wibawa keibuan, saya sarankan ke Dr. Yanne. Tapi jika kalian ingin Dokter yang gaul dan bisa diajak ngobrol kaya ke temen, saya sarankan Dr. Cresni. 

Biaya Kontrol

Biaya kontrol di RS. Santosa itu kurang lebih sekitar Rp.300.000. 100.000 untuk biaya Dokter dan 200.000 untuk biaya USG dan radiologi. Biaya tersebut belum termasuk biaya obat ya. Dr. Cresni sama Dr. Yanne selalu ngasih obat dua macam: kalsium dan vitamin untuk kita. Obatnya juga untuk satu bulan penuh, yaitu 30 kapsu/tablet untuk tiap obat. Dua obat tersebut dibandrol seharga 300.000 juga. Jadi total tiap kontrol di Santosa itu kurang lebih 600.000an. Usahakan dede bayinya sehat ya bumil, soalnya saya pernah ada keluhan pusing muter saat hamil dan harus dicek darah di lab Santosa (masih satu gedung). Nah biaya cek darahnya juga sekitar 600.000. Jadi total saya kontrol hari itu dengan cek darah adalah 1.200.000. 
RS. Santosa Kopo ini juga menyediakan jasa USG 4D. Hanya saja dokternya berbeda. Bukan dokter yang biasa kontrol. Biaya USGnya sekitar 500.000 belum dengan konsutasi dokter dan obat tentunya. Jadi ya, mungkin seitar 800.000 atau lebih. Saya sih ga nyoba. Informasi ini hasil nanya ke perawat. Hehe

Jadwal Dokter dan Biaya Kontrol Kehamilan di RS. Lanud Sulaiman

Jadwal Dokter

Dokter Obygn di RS. Lanud Sulaiman ini cuman satu dokter dan dokternya laki laki, namanya Dr. Adityo. Jadwa praktik Dr. Adityo ini senin s/d jumat. Pada hari senin, rabu dan jumat, pratiknya dimulai pada jam 2 siang s/d selesai. Sedangkan untuk hari selasa dan kamis dimulai pada jam 8 malam s/d selesai. Kontrol USG 3D dan 4D pun bebas, karena dokter dan jadwalnya sama, hanya biayanya saja yang berbeda. Buat para bumil yang ingin kontrol kehamilan di RS. Sulaiman, kalian harus daftar nomor antrian pagi-pagi. Untuk pendaftaran jadwal kontrol jam dua, dimulai jam 9. Sedangkan, untuk jadwal kontrol malam, pendaftarannya dibuka siang-siang jam 2. 

Biaya Kontrol

Biaya kontrol USG 3D di Lanud Sulaiman ini adalah 60.000 sudah dengan konsultasi dokter. Sedangkan, untuk USG 4D adalah 120.000. Biaya tersebut belum termasuk obat ya kawans. Dan, untuk radiologi disini juga terpisah. Saya pertama kali kontrol di RS. Sulaiman karena iseng ingin yang 4D. Dan ternyata air ketuban sudah dikit, dan jantung dede bayi dalam perut lemah. Maka, disarankan untuk rekam jantung. Nah rekam jantung (radiologi) ini menambah biaya kontrol sebesar 60.000. Jadi kontrol 4D waktu itu saya mengeluarkan uang 180.000. USG 4Dnya 120.000 ditambah rekam jantung seharga 60.000. Jadi totalnya 180.000. Saya selama kontrol kehamilan 2x di Sulaiman gak pernah dikasih obat, jadi saya gak bisa menginfokan rincian biaya dengan obat. Maafkan.

Nah itulah informasi biaya yang bisa saya sampaikan. Mau dimanapun kontrolnya, mau yang murah ataupun mahal, mau dokter ataupun bidan yang terpenting dede bayi dan ibunya sehat-sehat ya. Salam untuk para bumil diluar sana.

Notes: ketiga dokter diatas pada ngaret datangnya. Soalnya mereka punya praktek di tempat lain juga. Harap maklum saja ya.

15 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mau kasih review juga hhe kebetulan saya pasiennya dr. Yanne Trihapsary. Alhamdulillah baby dlm kandungan sdh lahir 17 februari 2019 jg d tangani dr. Yanne.
    Selama kehamilan sejak awal memang sdh d pegang dr yanne. Pembawaannya enaaak, informatif. Berhubung pasangan suami istri baru dan kehamilan pertama, dr yanne sangat membantu. Ada bbrp hal yg memang sy sm suami kurang paham, tanpa d tanya sdh d jelaskan hhe. Wkt lahiran jg pembawaannya santai jd ga tegang (saya lahiran normal atau spontan di RS Santosa).
    Selain praktek di RS santosa, dr yanne jg praktek di klinik brawijaya. Saya lebih sering konsul wkt beliau praktek di klinik soalnya ngga ngantri krn di kuota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa~ terimakasih nih infonya tentang dr.Yanne. Sangat membantu.
      Seneng ya kalau dari kontrol sampai lahiran pun dengan dokter yang sama. Jadi tenang ke kita karena dokter udah tau pasti keluhan keluhan kita saat hamil.

      By the way, selamat udah jadi ibu ya. Dedenya baru lahiran bulan kemarin berarti, baru satu bulan yah. Sehat terus ibu dan dede bayinya :))

      Delete
  3. Sangat membantu sekali lengkap dengan rincian harganya, semoga tidak ada perubahan harga ya mba saya ingin coba usg 3D atau 4D. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bermanfaat ya bund. Semoga aja ga naik ya harganya hihi. Iya sok bun cobain usg yang 4Dnya, soalnya dedenya lebih nampak jelas loh jadi gereget pen cepet gendong haha.

      Sehat terus ya bun~

      Delete
  4. Assallamualikum , maaf mau tanya kalo mau USG di RS sulaiman hari sabtu praktek ga yah , makes h

    ReplyDelete
    Replies
    1. wallaikumsalam. mm.. setau saya sih hari sabtu dan minggu ga ada jadwal praktek bu di lanud sulaiman.

      Delete
  5. Yaampun kukira bukan fitmus. 😍😍 Makasih non infonyaa 🤗🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampuuun temen smp da ya. namanya di unknown-inn nih curang wqwq.
      sama-sama~ semoga bermanfaat infonya

      Delete
  6. Dlu mah ak k dr chresni krn dr yanne blm praktek.. dan sesuatu yg kurang dr RS Santosa Kopo dr awal ak dtg th 2015 smpe skr taun 2019 blm rubah.. selalu lama..!!! Nunggu dokter lama, nunggu obat lama.. Dokter ny jg cm dkit.. beda sm hermina pasteur dokternya bisa 5 org yg praktek d jam yg sama jd klo yg satu penuh bisa langsung pindah dokter.. ini ak mau up IUD td ny mau k dr chresni tp trnyata beliau dadakan cuti.. trs skr nunggu dr yanne ud 1 jam telatnya.. searching d internet dr yanne ktemulah blog ini.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya sih bun, memang agak lama ya. Tapi saya pernah sih cepet banget waktu kontrol dan nerima obat. Mungkin memang jadwalnya tidak pas ya hihi.
      Duh, saya belum pernah tuh ke Hermina Pasteur.
      Makasih banyak tapi bun infonya ya. Semoga bunda sehat selalu :))

      Delete
  7. Mau praktek dokter jam 2 siang / jam 8 malam, pendaftaran usg tetap dimulai jam 8 pagi, jam 7 udah bisa ambil no antrian karna per hari di kuota juga, saya dateng tadi jam 2 siang untuk daftar ternyata udah full kuota karena pendaftaran pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu ya bund. Makasih ya bun infonya. Saya sih waktu itu liat di jadwal yang ditulis di kertas dekat pendaftaran, jadi gak pernah daftar pagi untuk kontrol malam.

      Tapi terimakasih sekali lagi infonya ya bund :)

      Delete
  8. Mom tau usg 4d organ dalam gak d.rs santosa,biayanya sekitar brp ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh maaf bun, kurang tau kalau masalah organ dalam. coba aja bun, tanya tanya dulu aja ke perawat atau staff disana. baik baik kok :))

      Delete

Powered by Blogger.